Tuesday, December 28, 2010

Persaudaraan


Dlm duk berangan2 tetibe penulis,t erlintas tentang teman-teman seperjuangn di IPG KDRI...cuba utk menilai adakah persahabatn yg dibina selama 5tahun setengan ini adalah dibina atas dasar persaudaraan dalam Islam atau sebaliknya...belajar bersama,bermain bersama,bercakaran pn bersama,menangis ketawa pn bersama..

Pelbagai kenangan indah pn dilalui di alam ipg ini...daki bukit,terjun bukit,redah hutan belukar,bermandikan lumpur,habis segala pulau diterjah...



Adakah ukhuwwah kita cukup mantap???...

Jom kita teliti hadis-hadis berkaitan persaudaraan dlm Islam :-

1)Tidak Saling Menzalimi
“Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya, tidak menzalimi atau mencelakakannya. Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya sesama Muslim dengan menghilangkan satu kesusahan darinya, niscaya Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan di hari kiamat. Dan barangsiapa menutupi aib seorang Muslim, niscaya Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat.”
(Riwayat Bukhari dari Abdullah bin Umar RA)

Imam Muslim meriwayatkan dengan sanadnya dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian saling mendengki, melakukan najasy (semacam promosi palsu), saling membenci, memusuhi, atau menjual barang yang sudah dijual ke orang lain. Tetapi jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lain, tidak menzalimi, dan tidak membiarkan atau menghinakannya. Takwa itu di sini (beliau menunjuk ke dadanya tiga kali).”

2) Ibarat Satu Tubuh
Persaudaraan dalam Islam memperkuat ikatan antara orang-orang Muslim dan menjadikan mereka satu bangunan yang kukuh.

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai dan berkasih sayang adalah ibarat satu tubuh; apabila satu organnya merasa sakit, maka seluruh tubuh akan sulit tidur dan merasa demam.” (Riwayat Muslim)

“Orang-orang Muslim itu ibarat satu tubuh; apabila matanya marasa sakit, seluruh tubuh ikut merasa sakit; jika kepalanya merasa sakit, seluruh tubuh ikut pula merasakan sakit.” (Riwayat Muslim)

3)Merasakan Lazatnya Iman

“Barangsiapa ingin (suka) memperoleh kelazatan iman, hendaklah ia mencintai seseorang hanya karena Allah.” (Riwayat Ahmad)

4)Mengenal Baik Sahabatnya

“Jika seseorang menjalin ukhuwah dengan orang lain, hendaklah ia bertanya tentang namanya, nama ayahnya, dan dari suku manakah ia berasal, karena hal itu lebih mempererat jalinan rasa cinta.” (Riwayat Tirmidzi)


Demikian sebagian kecil dari nash hadits yang menjelaskan tentang persaudaraan...

Doa & Harapan : Ya Allah,kekalkanlah ukhuwwah ku dengan shbt2 ku semua,jauhilah aku daripd sifat-sifat keji yg bisa menyakiti shbtku..lunakkanlah hatiku utk menjadi seorang shbt yg disenangi ....



No comments:

Post a Comment

Followers